Commuter Line, Kebutuhan yang (Kadang) Meresahkan

Hai Sahabat Angel yang kelihatan yang tidak kelihatan,

Tahun ini, gue rasa gue harus lebih produktif dari tahun lalu. Salah satu yg bisa gue lakukan supaya gue bisa produktif adalah dengan cara menulis blog. Kenapa? Dengan nulis blog, gue bisa jadi tahu, keresahan-keresahan apa yang sedang gue alami. Daripada waktu lo terbuang sia-sia dengan dengerin orang gossip yang ngga penting. Lebih baik gue nulis blog.

 

Dan kali ini, gue mau mencurahkan pendapat gue sebagai salah satu kaum papa yang menggunakan alat transportasi commuter line. Commuter Line adalah sarana transportasi Kereta Api yang menghubungkan Jakarta, bogor, Depok, Bekasi dan Tangerang. Dulunya sih disebut KRL (Kereta Rel Listrik. Commuter Line itu tuh sebenernya versi keren nya dari KRL. Karena, sekarang ngga ada lagi KRL Ekonomi. Commuter Line dibuat merata. Semua orang, dari kalangan apapun membayar dan mendapat fasilitas yg sama.

 

Kereta Ekonomi sebelum ada Commuter Line


Commuter Line saat ini

Menurut gue, sudah hampir 4 tahunan menggunakan alat transportasi ini, cukup merasakan perubahan yang cukup baik. Dari mulai jumlah keretanya yang semakin banyak. Jadwal juga semakin banyak. Jadi memudahkan gue sebagai pengguna commuter line cukup diberikan kemudahan. Apalagi untuk gue yang harus ke kantor dengan jarak yang jauh. Sangat amat membantu.

Tapi, walaupun kehadiran commuter line cukup membantu, kadang gue juga dibikin gondok sama si ular besi ini. Mau tau apa kelebihan dan kekurangan Commuter Line menurut gue?


1. Gerbong AC

Kelebihan :

Salah satu keunggulan commuter line adalah gerbongnya yg ber AC. Yg membuat pengguna lebih nyaman menggunakan alat transportasi ini. Tak seperti KRL jaman dulu, yang tanpa ac.

 

Kekurangan ::

AC di Commuter Line sering kali tidak berfungsi dengan baik. Apalagi disaat jam-jam pulang kantor dengan kepadatan orang yang naik Commuter Line. Dan sangat amat sering gue rasakan. Sehingga beberapa orang sengaja menurunkan jendela, agar kami yang ada di dalam kereta bisa mendapat udara segar dari luar.

 

2. Aman

Kelebihan :

Commuter line merupakan sarana trasnportasi yang cukup aman, karena setiap gerbong nya ada satu pertugas kereta yang bertugas. Terkadang, Petugas pun membantu penumpang yang kesulitan mencari tempat duduk (khususnya Manula, Ibu Hamil dan Ibu membawa Anak)

Kekurangan :

Walaupun sudah ada petugas keamanan, yang namanya alat transpotasi di Jabodetabek tak luput dari yang namanya copet. Apalagi kalo keadaan commuter line sedang penuh-penuhnya. Keberadaan petugas keamaan juga tak bisa mencegah aksi copet terjadi

 

3. Frekuensi Kedatangan Jadi Lebih banyak

Kelebihan :

Semakin kesini, frekuensi kedatangan commuter line jadi semakin banyak. Hampir setiap 5-10menit sekali ada kereta yang datang. Jadi, penumpang tak memerlukan waktu yang lama untuk menunggu datangnya commuter line.

 

Kekurangan :

Terkadang, ini nih yang bikin gue jadi sebel banget karena sering telat ngantor. Karena walaupun jadwal kereta banyak, seringkali jadwalnya ini ngaret. Entah itu karena tiba-tiba rangkaian kereta rusak. Entah karena gangguan signal. Entah itu karena gangguan wesel. Entah itu karena menunggu antrian masuk stasiun. Dan sering banget makan waktu gue. Untuk ngantri masuk stasiun itu bisa kurang lebih 10-15 menit. Kalo udah gitu, gue selalu ketinggalan kereta, karena gue mesti pindah kereta lagi untuk bisa sampe tempat tujuan. Keterlambatan kereta juga bikin penumpukan penumpang. Yang ada, gue jadi berasa pepes ayam. 

 

4. Ngga ada pengamen

Kelebihan : 

Dulu kereta itu salah satu alat transportasi yang kurang nyaman. Mungkin salah satunya orang-orang banyak terganggu dengan kehadiran pengamen. Padahal, ngga semua pengamen menggangu sih, apalagi yg suaranya bagus. Yg meresahkan adalah yg pura-pura ngamen tapi sebenernya malak

 

Tapi, tenang kok. Sekarang commuter line bebas tanpa pengamen. Jadi, ngga perlu merasa terganggu. Bahkan penumpang bisa bobok-bobok lucuk seperti yang biasa gue lakukan.

Itulah beberapa keresahan gue terhadap commuter line. Sebagai warga yang setiap harinya menggunakan commuter line sebagai alat transportasi utama, gue sangat berharap adanya kemajuan dan perbaikan untuk commuter line. Agar warga bisa lebih nyaman menggunakan alat transportasi. Kalo transportasi nyaman, pasti banyak warga yang milih naik transportasi umum ketimbang naik kendaraan pribadi. Dengan begitu, bisa sedikit mengurangi kemacetan dan polusi udara.

Sekian cerita hari ini, sampai jumpa di keresahan-keresahan berikutnya.

Regards,

 Donna 

 

Pic Source :Google.com

0 comments: