Sejarah Patung Pancoran

Assalamualaikum anak jekardah dan sekitarnya yang gaul nya ngga abis-abis ....

Hari ini mau ceritain apa ya, penting banget sih ngga, cuma ya sebagai warga ibu kota jekardah (anak gaul biasa nyebut gitu) yang kece ini, gue ngerasa kurang gaul gitu loh kalo ngga tau icon yang satu ini *tadaaaaaaaaaaaaaa*



PATUNG DIRGANTARA PANCORAN

 

Ya, bagi para warga Jekardah mungkin ngga asing lagi sama patung yang satu ini. Patung ini biasanya disebut dengan patung pancoran karena memang terletak di daerah pancoran. Patung yang dibuat pada masa pemerintahan Bapak Presiden Soekarno ini dikerjakan dari tahun 1964-1965 oleh pematung keluarga arca yang berasal dari Yogyakarta. 

PATUNG DIRGANTARA atau nama lain dari PATUNG PANCORAN ini adalah sebuah patung yang menggambarkan sosok manusia luar angkasa, yang memiliki keberanian ( liat aja tuh badan berotot semua kayak ade rai ( MySpace ) manusia Indonesia untuk menjelajah angkasa.

Berat dari patung pancoran keseluruhan mencapai 11 ton MySpace . Patung yang berbahan dasar perunggu ini ditopang dengan tugu miring yang tingginya mencapai 11 meter dan tinggi kaki patung sekitar 27 meter.

Tapi, sebagaii seorang warga negara yang kece ini, patung pancoran menurut gue itu percampuran antara Om Ade Rai dan Akang Superman, coba aja nih liat dengan seksama MySpace MySpace MySpace




Ya kan ada kemiripin dari ketiga gambar itu, secara nih ya rambutnya patung pancoran bergelombang gitu, mirip banget superman. Dari gaya secara udah sama banget, gaya kayak berenang gaya bebas gitu MySpace . Terus kalo masalah body, wuahhhhhh jangan ditanya, patung pancoran, superman sama ade rai itu bisa dikategorikan sebagai cowok macho sepanjang masa, liat tuh ototnya samasama gede, wuhhhhhh ( apasihhhhh MySpace ) hahaha sedikit joke aja biar keliatan lucu gitu ahhhh

yasudah, sampai jumpa di tulisan berikutnya, semoga bermanfaat. Dadahhhhhhh


MySpaceMySpaceMySpace




 Sumber : Image by Google
              http://peduli-sejarah.blogspot.com/2010/07/sejarah-dibalik-patung-pancoran.html











5 comments:

Hanafi mengatakan...

mwahahahahaha...

ini tentang sejarah ato apaan sih?
hehehe :D

Donna Tambayong mengatakan...

hahahaha sejarah yang aneh :p

Rospita Nur Fazriah mengatakan...

:O jangan-jangan pancoran adalah kembarannya superman yang hilang, lalu hidup bersama Ade Rai dan dikutuk jadi patung.
#korbansinetron

Rifqi mengatakan...

Mungkin patung pancoran itu.. anak yang terkutuk jadi batu, kayak malin kundang.. :/ #apadah

Donna Tambayong mengatakan...

@ Rospita : mungkin ya kembarannya, judulnya anak berotot yang tertukar haha :p

@ Rifki : Bisa jadi tuh dia durhaka, sampe badan nya benjolbenjol gitu :p