Buruknya Keberagaman Di Indonesia

Kali ini gue sebagai mahasiswa  ( hahahahahah norak ) mau sedikit nulis tentang sesuatu yang sangat menarik (buat gue khususnya). Kali ini gue mau cerita tentang keberagaman yang ada di Indonesia, yang justru bukan membuat rukun, tetapi sebaliknya (gaya kayak detektif gadungan gityuh deh)

Indonesia itu dikenal dengan istilah Ke-BHINEKA TUNGGAL IKA-an nya. Yang kalo diartiin "katanya" tuh artinya "BERBEDA-BEDA TETAPI SATU JUA". Seharusnya dalam keberaneka ragaman itu, Indonesia bisa menjadi negara yang kuat karena walaupun berbeda, tetapi tetap mempunyai rasa kebersamaan untuk bersatu. Indonesia itu menurut gue negara yang paling cantik, indah, lengkap. Di Indonesia itu ada beraneka ragam kebudayaan, adat istiadat, agama, suku bangsa. Yang masing-masing dari keberaneka ragaman itu mempunyai keunikan sendiri yang tidak dipunya oleh negara lain.

Harusnya perbedaan itu bisa bikin Indonesia menjadi negara yang lebih kuat. Jangan jadiin perbedaan itu sebagai tembok yang bikin satu sama lain jadi membatasi diri. Justru perbedaan itu yang bikin segala sesuatunya menjadi indah, karena satu sama lain saling melengkapi. Perbedaan itu menjadi warna dalam kehidupan, karena gue rasa betapa monotonnya dunia kalo yang ngga ada namanya perbedaan. Semua orang sama, ngelakuin aktivitas yang sama, kebiasaan sama. Gue aja sebagai mahasiswa yang terkadang bloon ini suka jenuh kalo setiap hari bertemu dengan hal-hal yang sama.

Perbedaan, ya memang ini yang menjadi masalah besar bagi Indonesia. Berbeda kebudayaan bisa membuat konflik. Kebudayaan yang satu ngga bisa diterima di kebudayaan ini. Adat istiadat yang ada di satu daerah tidak diterima di daerah lainnya. Dan hal yang paling sakrak adalah agama. Kalo gue lihat, ada oknum-oknum tertentu yang ingin menjadikan Indonesia ini menjadi negara yang pro sama satu agama. jadi mereka sangat bisa dibilang anti dengan keberadaan agama diluar agama mereka. Gue sebagai pemeluk agama yang menjadi mayoritas di Indonesia pun sangat tidak setuju. Oknum-oknum yang model begini yang bikin nama Indonesia dan agama tertentu menjadi buruk di mata dunia luar. Padahal ngga semua orang Indonesia sepicik itu. Indonesia negara yang menjunjung tinggi kebebasan yang bertanggung jawab, apalagi kalo masalah agama. Yah miris memang, melihat negara sendiri yang begitu kaya dengan segala macam sumber daya baik alam, maupun manusia nya ngga bisa memanfaatkan sumber daya nya dengan baik. Mungkin ini yang menjadi peer buat para anak-anak muda. Karena masa depan bangsa ini ada di tangan anak-anak muda ketika yang tua tidak mampu lagi memberi solusi untuk setiap permasalahan yang ada
MySpace

2 comments:

...Uzay Gingsull... mengatakan...

jujur pusing bacanya kaka.. baground nya nutupin tulisannya, *mata berkunang-kunang..

EYSurbakti mengatakan...

setuju kak ..
negara ini makin lama kayak milik orang atau golongan tertentu aja
hmm ..
dukung seratus persen postingan ini
hehe
btw,
salam kenal nih ..
mampir mampir ya