Protagonis VS Antagonis


Akibat kebanyakan mengkonsumsi sinetron (ibarat kata gua ini kecanduan sinetron) hahah tapi ngga gitu juga sih. Mindset gua itu udah terbentuk kalo yang namanya peran PROTAGONIS itu adalah karakter tokoh yang ada di sebuah sinetron yang kerjaannya bagian disiksa, dihina, mungkin persis kayak peran Marshanda yang selalu jadi orang yang teraniaya. Nah sedangkan mindset gua tentang ANTAGONIS adalah sebuah peran yang dimainkan oleh artis yang karakter nya itu jahat sejahat Miska dalam film cinta fitri :p (jadi ketauan kalo gua penikmat sinetron).


Ta..ta..ta..ta..pi hari ini mindset yang udah terbentuk ini tiba-tiba berubah. Ketika seorang dosen mata kuliah Teknik Penulisan Naskah Non Berita menjelaskan bahwasanya. PROTAGONIS adalah sebuah peran dimana sebuah tokoh itu yang melakukan pencapaian atau melakukan sebuah hal untuk mencapai tujuan tersebut.Ya singkatnya Protagonis adalah yang melakukan pencapaian. Sedangan ANTAGONIS adalah yang menghalangi pencapaian yang di lakukan oleh si Protagonis ini.


Ya contoh kecilnya gini, dalam 1 tokoh bisa terdapat peran protagonist dan antagonis. Misalnya nih Sebuat saja namanya Miska dan Fitri hahahaha. Si Miska mempunyai niat buruk untuk menjaili si Fitri, akhirnya si Miska mengajak Fitri ke sebuah club malam. Di club malam tersebut, si Miska berniat untuk membuat si Fitri Mabuk. Miska mempunyai ide untuk menaruh obat tidur ke dalam minumannya si Fitri. Minuman yang berisi obat tidur di pegang di sebelah kanan, dan yang tidak berisi obat tidur di sebelah kirinya. Tapi ternyata si Miska lupa, dan seingat dia bahwa minuman yang berisi obat tidur ada di tangan kirinya. Maka di kasihlah si Fitri minuman yang ada di tangan kirinya. Ternyata Miska memang benar-benar lupa karena ternyata minuman yang berisi obat tidur adalah minuman yang ada di tangan kanannya, yang minumannya telah ia habiskan. Dan akhirnya si Miska lah yang mabuk tidak karuan. Nah disini si Miska mempunyai 2 tokoh yaitu protagonist dan antagonis. Tokoh protagonist nya di tunjukkan saat Miska mempunyai tujuan/pencapaian untuk menjaili si Fitri. Sedangkan tokoh Antagonisnya ditunjukkan pada saat Miska dengan tidak sengaja meminum minuman yang berisi obat tidur. Pencapaian/tujuan yang ia lakukan dihalangi oleh kecerobohannya sendiri.


Hhahaha begitulah kira-kira pelajaran yang bisa diambil dari mata kuliah penulisan naskah non berita. Kapan-kapan di share lagi :D

0 comments: