Cerita Manusiawi Seorang Manusia

Setiap hari, pasti ada aja pengalaman yang sering gua sebut dengan "pengalaman spiritual". Yah mungkin ini kode alam yang ingetin gua supaya gua lebih deket sama Tuhan gua.

Ya tepatnya tadi sore, kebetulan saking ngantuknya, tidurlah gua di angkot selama perjalanan pulang dari kampus ke rumah.Hemmmm tiba-tiba gua kebangun karena gua denger suara adzan maghrib berkumandang. Bangunlah gua dengan mata yang masih sayup.

Entah kenapa ketika adzan maghrib berkumandang, Justify Fullgua langsung bengong, dan mata gua fokus menatap langit yang warnanya sudah mulai menguning. Gua bengong sambil natap langit, diem sejenak. Pas lafal adzan "Laillahaillallah" pikiran gua langsung tertuju sama kata "Tuhan". Beberapa menit gua kayak ngerasa jadi anak kecil yang selalu bertanya "Tuhan tuh kayak gimana sih?" Gua juga sadar kenapa kok tiba-tiba gua bisa terlintas pikiran begitu, dalam hati gua bertanya, Tuhan yang selama ini gua percaya itu kayak gimana ya wujudnya, kenapa Tuhan mesti "GAIB". Terus gimana waktu para Rasul Allah menerima wahyu dari Allah melalui Malaikat, Gimana cara Allah berkomunikasi dengan Malaikat dan Rasulnya. Kalo Rasul masih bisa kita lihat wujudnya, sedangkat Allah dan para Malaikatnya, semua Gaib. Gimana cara Rasul berkomunikasi dengan Allah dn Malaikat. Ahhh gua jadi berpikiran sejauh itu.

Mungkin banyak orang yang menjadi tidak berTuhan dan tidak beragama karena pertanyaan serupa kayak gua. Seperti kebanyakan filsafat yang atheis karena menurut mereka, segala sesuatu harus bisa dibuktikan, harus ada bentuk konkret nya. Sedangkan Tuhan, tak berbentuk, tak beranak dan tidak diperanakan.

Seperti yang ditulis di Surat Al-Ikhlash :
Bismillahir-rahmanir-rahim
Qul huwallahu ahad
Allahus-samad
Lam yalid wa lam yulad
Wa lam yakul lahu kufuwan ahad

Artinya : Dengan menyebut nama Alllah yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Katakanlah : "Dialah Allah yang Maha Esa". Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakan. Dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia.
Ya beberapa menit terbengong, dan matapun langsung tertuju lagi kepada langit. Langit, bumi dan semua yang ada di muka bumi ini siapa yang menciptakan kalo bukan ada sesuatu yang "Besar" dibalik itu semua. Allah, Tuhan apapun itu sebutannya Dia lah "Yang Maha Besar" yang mampu membolak-balikan hati manusia, yang mampu melakukan apa yang tidak bisa kita lakukan. Yang tetap bersama kita walaupun kita sering melupakan-Nya. Dan hanya dengan kalimat "Kun Fa Yakun" apa yang tidak mungkin menjadi mungkinjika Dia sudah berkendak. Allahu Akbar

0 comments: