MY PAGES

Tuesday, 19 August 2014

Pulau Sempu, Pelataran Surga! 17 Agustus 2014

ALAM NGAJARIN GUE BANYAK HAL
SALAH SATUNYA TENTANG KEBAIKAN

Seneng deh..
Ceritanya abis nge-trip gitu hehhee

Setiap gue nge-trip...pasti ada banyak hal yg gue pelajarin..
Bukan sekedar senang-senang...

Dr tanggal 15 Agustus-Sampe 18 Agustus kemarin, gue ceritanya nge-trip ke Surabaya, Sidoarjo, dan ke Malang. Sama siapa sih 'na ??? Ya, ngga usah ditanya deh ya sama siapa. Sebut aja si EHEM hihihihiihhi

Rencana awal gue dateng ke Malang itu ya Mau ke Pulau Sempu. Jadi 15 & Agustus gue pake buat leyeh leyeh dan nongkrong nongkrong di SBY-SDA-MLG. Tanggal 17 Agustus  nya, barulah gue ke Sempu. Dari sinilah perjalan seru nya dimulai 

Gue sama si ehem ini berencana untuk pake sepeda motor untuk ke Sendang Biru. Karena sebelumnya kita berdua udah pernah kesana, jadi kita mikir gimana caranya sampe Sendang Biru, karena kondisi motor nya si ehem yg agak trouble. Lalu, kita inisiatif untuk cari tempat penyewaan motor di daerah Malang. Setelah si ehem tlp kemana mana, motor di penyewaan udah kosong. Agak hopeless sih ya, masa gagal lagi gue ke Sempu. 

Akhirnya, gue cari lagi dgn browsing di google. Cari tempat penyewaan motor. Dan...dapet dong!! Mungkin tergantung yg tlp kali ya hahahhaha. Yaudah setelah tanya2, akhirnya kita datengin tempat penyewaan motor yg kebetulan tempatnya ngga jauh dari Alun-Alun  Malang. Nih, yg mau tau Alan-alun Malang. Tempatnya enak buat ngobrol-ngorol, cari jodoh juga bisa hahaha




Terus, Kita berangkat dari Malang jam 10 Pagi, perjalanan nya cukup panjang dan jauh buanget!! Karena, kita udah laper banget, akhirnya mampir di rumah makan di daerah mana ya gue lupa, itu sekitar jam 11an. Kalo ngga salah sih itu daerah Turen namanya. Setelah makan hampir 1 jam, kita lanjutin perjalan lagi, dan sampe Sendang Biru sekitar pukul 1. Ini nih yg namanya Pantai Sendang Biru 


Sampe jam 1, lapor ke petugas, isi form sebagai Tanda bukti lapor di pos


setelah tanya tanya sama petugas disana, untuk nyebrang dari Sendang Biru ke Pulau Sempu itu per perahu nya dikenakan harga Rp 100.000 . Nah, untuk masuk ke Pulau Sempu, kita perlu trekking, ya kalo cepet sekitar 1 jam lah. Untuk trekking nya, kita butuh guide, karena kan kita ngga tau trek dan jalurnya kayak apa. Untuk guide , biaya nya Rp 50.000 . Setelah beres isi formulir dsb, kita beli minum dan makanan kecil, oh iya, kita juga beli trashbag, buat naro sampah2. Abis itu, kita naik perahu untuk menuju Pulau Sempu. Ya seperti biasa ya pemirsa, kalo liburan sama si ehem, pasti kamera gue ini isinya.... ya foto dia melulu !!! Gapapa deh, yg penting aku sayang kan :p hahhahahaa skip!! Mending liat noh foto-foto di perahu menuju Sempu. 


























Keren banget kan.....
Nah, setelah naik perahu..kita trekking ke dalem hutan untuk menuju ke Pulau Sempu, di pandu sama Mas Sucipto, nih penampakan Mas Sucipto dari belakang...ya gimana mau poto, doi jalannya cepet banget 


Trek menuju Sempu itu, sama kayak trek nya Gunung Cikuray..
Oh iya, gue belum sempet posting waktu minggu lalu gue nanjak ke Cikuray..
Ya perjalanan trekking, kurang lebih se jam, kalo lama jalannya ya bisa dua jam Untung cuacanya cerah , jd trek nya aman. Karena katanya kalo ujan, trekking sampe sempu itu bisa memakan waktu 4 jam ckckckc. Gue menikmati banget trekking disini, jd flashback waktu di cikuray kemarin, trek nya yg bikin patah semangat hehhehe untuk ada si ehem ini. Jadi tiap gue nengok ke belakang, liat mukanya si ehem, ahhhh~~ aku jadi semangat lagi :p #abaikan #abaikan . Karena kebetulan gue yg megang kamera, jadilah sepanjang jalan, gue memotret si ehem, ya dia juga sih yg minta foto, ya secara dia kan hits banget gitu hahhaha 








Setelah trekking 1 jam, dan akhirnya......sampe jugak di PELATARAN SURGA!!! ilang capeknya!!








 Setelah kaki gue menginjak pasir Pulau Sempu, gue dan si ehem langsung dudu, dan ngobrol2 sebentar sama Mas Cipto. Krn si ehem asik sendiri ngobrol sm Mas Cipto, ya gue poto poto pemandangan sekitar









Trus lagi ngobrol2 sm mas cipto, mas cipto menyarankan untuk ngcamp. Karena kita mulai trekking jam dua, dan sampe Sempu jam 3. Masalahnya, kapal terakhir itu jam 4, setelah jam 4, kalo kita mau naik kapal lagi, kita kena biaya Rp 50.000 . Yaudah tuh, kita sepakat buka nge camp nih ceritanya... Yaudah santai kita foto foto. di sela poto poto dari ujung ke ujung, ngga lupa gue dan si ehem mungutin sampah yg ada disitu, sayang banget, tempat se indah sempu harus di kotorin. Dan lumayan banyak banget sampah yg kita pungut. Bukan maksud sok sok an, padahal disitu banyak banget yg ngecamp, dan buang sampah sembarangan. Akhirnya gue dan si ehem poto poto sambil bawa bawa trashbag. Sekali lagi, bukan sok sokan , ya cuma pgn kasih contoh ke org, jangan tinggalin apapun di alam. Dgn senang hati kita bawa bawa trashbag sambil foto foto 













Trus kita duduk sebentar, karena apa... si ehem pgn ngemil ceritanya... Pas mau ambil makanan, lho kok makanan sm minuman nya ngga ada yg td dibeli di warung. Dicari di daupack, di keril juga ngga ada. Oh damn!! ketinggalan kayaknya di warung. Trus mikir dong, gmn mau ngecamp, ngga punya tenda, ngga punya makanan, gimana nasibnya? Sambil mikir2, akhirnya gue dan si ehem naik ke tebing. Dari tebing ini, kita bisa liat samudera hindia...


















Setelah poto poto trus turun ke bawah lagi, kita liat ada sekumpulan org yg baru dateng, nah pasti disitu ada pemandu nya. Setelah nanya sama pemandu nya, akhirnya kita ikut pulang dan ngga jadi ngecamp. Kita pulang sekitar jam 5an. Kondisi hutan yg udah agak gelap dan agak agak menyeramkan. Untuk pemandu nya ada dua, satu di depan satu nya lg di belakang. Setelah trekking kurnag lebihnya se jam. Sampe lah di pos satu tempat nunggu kapal. Dan, kita baru inget, kita itu keabisan uang. Karena jauh dr atm :( dan lupa ambil uang. Dan kita harus bayar kapal, karena kita pulang udah lewat dr jam 4. Akhirnya gue dan si ehem ngorek ngorek kantong, kumpulin uang dan pas banget, dapet 50 ribu. Dan di kantong kami itu sama sekali ngga ada uang lagi. Sambil nunggu kapal, gue pun poto poto lagi




Nunggu kapal jemput hampir se jam. AKhirnya dateng, dan kita naik kapal, diturunin di tempat pelelangan ikan, yg jaraknya agak jauh dr Sendang Biru. Gue dan si ehem nyelesaiin pembayaran sm si yg punya kapan, dan minta maaf kalo uangnya recehan hahahhaha bodoh bgt deh pokoknya. Trus, ada mas mas baik banget. Dia mau nganterin kita sampe Sendang Biru, di tempat pertama kali kita naik kapal. Jadi gue sm ehem naik motor bertiga sama mas nya. Kapan lagi coba kan, gue sm ehem naik motor bertiga bak cabe cabean hahhaha. Akhirnya, si ehem terima kasih sm mas nya, karena ngga bisa kasih apa apa, karena kita keabisan uang. Untung mas nya baik hati sekali.

Setelah sampe penitipan motor, gue dan si ehem ganti baju karena udah basah dan gerah kena keringet. Disitu ada mas - mas. Ngobrol lah mas mas nya sm gue sm si ehem. Nama mas nya itu Mas Adi. Kayaknya mas adi ini temennya yg tadi motornya kita tumpangin. Dan dia tau kalo kita keabisan uang. Tiba-tiba, mas adi nyamperin, dan kasih kita uang 10 ribu rupiah. Katanya buat pegangan kita lagi di jalan. Dia bilang "saya itu anak punk, anak jalanan, saya tau gimana rasanya keabisan uang, selama kita masih bisa bantu orang ya bantu aja, kalo mas nolak uangnya, mas nantang saya lho" dgn nada bicara yg sambil bercanda. Beuhhhh! disitu gue langsung diem, sambil liatin mas nya. Walaupun gue ngga banyak omong, gue langsung berdoa dalem hati " Ya Tuhan, berkatilah orang ini". Si Ehem sampe bilang "Ini Malaikat nih". Kita tau, dia itu keadaannya lbh ngga ada drpd kita. Secara dia aja tinggal di gubuk deket pantai. Tp justru dalem keadaan yg ngga ada, dia masih bisa nolong orang. Ah! Belajar buat diri sendiri, kalo bantu orang itu ya gitu, ikhlas, tanpa mandang dia siapa, punya apa, bakal dibales apa. Banyak banyak terima kasih sama Mas itu. Semoga selalu dalam lindungan Allah ya Mas. 

Setelah itu, gue langsung bilang sama si ehem "kamu tau ngga, kenapa kita dikasih uang sama orang itu, karena kita udah mungutin sampah di pantai, kalo kita baik sama alam, alam pun bakal baik sama kita" Ya gue sadar,sadar sesadar sadarnya, kalo lo baik dan menjaga alam, alam itu bakal kasih lo sesuatu hal yg ngga pernah lo sangka, dan itu nyata banget. Hukum alam itu emang ada. Pdhl niat kita itu pure mau mungutin sampah, dan apa alam kasih balesan lewat orang orang baik yg mau nolongin kita pada saat kesusahan"

Ya...setiap perjalanan yg gue lewatin, pasti ada aja hal yg bisa gue pelajarin. ahhhhhhh !!!!!!!!!!! Belajar banyak dari alam. Kalo kita ngelakuin sesuatu yg baik, insha Allah hasil yg di dapet juga akan baik juga. Alam itu adil, Tuhan apalagi :D

tunggu postingan selanjutnya yaa...


*Cheers
-D